Langsung ke konten utama

Mengatasi Masuk Angin

Apakah kalian sering mengalami masuk angin? Apa yang kalian lakukan ketika kalian merasakan diri kalian sedang masuk angin? Yup, sekarang kita akan membahas apa itu masuk angin dan cara apa yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan masuk angin.



Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakit memiliki ciri yaitu rasa kembung pada perut namun sulit untuk mengeluarkan angin tersebut melalui kentut, seringnya menguap dan bersendawa, mual, muntah, serta seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga sakit pada perut bagian kiri. Masuk angin biasanya dianggap sekadar mitos di dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya.

Penyakit ini biasanya timbul karena kita terlalu kecapean, melakukan perjalanan jauh dengan perut kosong lalu terkena angin yang kencang saat mengendarai motor, terlalu dekat dengan ac atau kipas angin, serta beberapa penyebab lainnya. Namun biasanya penyebab utamanya adalah udara dingin yang berlebihan. Masyarakat langsung menyebut masuk angin setiap kali merasa badan tidak enak. Badan tidak enak yang disebabkan masuk angin, umumnya terjadi pada masa pergantian cuaca dari musim kemarau ke penghujan atau sebaliknya (pancaroba). Pada masa peralihan itu angin seringkali bertiup kencang. Angin sering disalahkan karena masuk ke tubuh tanpa permisi dan menyebabkan badan terasa tak enak. Angin sering dituduh masuk ke tubuh tanpa permisi ketika tubuh terekspos angin yang bertiup kencang.

Saat di musim bukan pancaroba pun "angin tak diundang" ini sering menghinggapi orang-orang tertentu. Penyakit ini acapkali singgah di tubuh orang yang sering begadang, kurang tidur atau kurang istirahat. Gara-gara angin, penderitanya jadi merasa tak enak badan ketika bangun di pagi hari.

Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini, inilah yang disebut masuk angin.

Sebenarnya penyebabnya bukan cuaca dingin, bukannya anginlah yang memicu terjadinya masuk angin. Cuaca dingin yang menyergap tubuh menimbulkan mekanisme vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah. Sebenarnya penyempitan pembuluh darah ini merupakan mekanisme tubuh untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh, sehingga tubuh tidak perlu mengalami penurunan suhu atau hipotermia. Namun, dampak kurang menyenangkan dari penyempitan pembuluh ini adalah peredaran darah menjadi kurang lancar. Akibatnya, hasil metabolisme, berupa asam laktat, terakumulasi pada otot-otot. Inilah yang membuat badan jadi terasa pegal-pegal.

Cuaca dingin dapat menyebabkan rambut-rambut sel di saluran napas lambat bergerak. Padahal, mereka berfungsi untuk mengeluarkan lendir, bakteri, dan virus. Perlambatan ini juga menyebabkan seseorang menjadi rentan terkena infeksi seperti batuk, pilek, dan lain-lain.

Perihal perut kembung terisi gas, bisa terjadi akibat cuaca dingin yang menyebabkan perlambatan gerak peristaltik usus. Perlambatan inilah yang menyebabkan gas tertampung di saluran cerna, sehingga perut terasa kembung dan penuh (begah). Dan akhirnya perut akan tertekan oleh gas dan menyebabkan rasa mual sehingga menekan nafsu makan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masuk angin yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berikut beberapa contohnya :

• Kerokan


Mungkin cara pengobatan ini sudah tidak asing lagi bagi anda. Ini merupakan pengobatan trasional yang paling umum dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin, maka yang pertama kali terpikirkan ada kerokan. Kerokan sendiri merupakan pengobatan masuk angkn dengan cara mengoleskan terlebih dahulu minyak pada bagian yang akan dikerok agar mengurangi rasa sakit dan perih bagi orang yang sedang dikerokin, alat yang biasa dipakai untuk mengerok adalah uang logam dengan sisi samping tumpul atau tidak terlalu tajam agar tidak menimbulkan lecet yang terlalu parah, dan untuk anak-anak biasa digunakan bawang merah untuk menimbulkan efek hangat pada punggung anak. Pengerokan biasanya dilakukan pada bagian-bagian tertentu sampai bagian yang dikerokin terlihat sudah merah. Dengan harapan bahwa angin dari tubuh sudah keluar. Tapi cara ini jangan terlalu sering dilakukan karena pada bagian yang dikeroki akan menyebabkan penggumpalan darah pada bagian yang dikeroki terutama pada bagian leher atau tengkuk karena terdapat banyak bagian-bagian sensitif yang apabila terjadi penggumpalan darah serta gumpalan darah tersebut menyumbat pembuluh darah maka akan menimbulkan pecahnya pembuluh darah dan hal tersebut dapat mengakibatkan stroke.

• Minum Air Rebusan Jahe Merah


Cara ini juga ampuh menghilangkan masuk angin karena rasa hangat yang ditimbulkan ketika minum air jahe dan salah satu khasiat dari jahe adalah karminativa, yaitu mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Adapun cara membuat air rebusan jahe dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat air rebusan jahe yaitu :
          > Jahe Merah 1/2 kg
          > Gula Merah secukupnya
          > Air 1000 cc atau 1 liter
Cara membuat :
1. Rebus Air di dalam panci sampai mendidih
2. Bakar jahe merah tersebut sampai sedikit menghitam pada bagian kulitnya, lalu bersihkan bagian kulitnya sampai bersih
3. Geprek jahe merah tersebut, jangan sampai terlalu hancur, lalu rebus di dalam air mendidih
4. Masukkan gula merah, gula merah disini fungsinya untuk memberikan rasa manis agar membuat anda bersemangat untuk meminumnya.
5. Sajikan air rebusan jahe selagi hangat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UU No. 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan

Undang-Undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan yang baru ditetapkan pada 17 Oktober 2014 lalu mengatur tenaga kesehatan termasuk dokter, apoteker, psikolog, erawat dan lainnya bahwa SIP (Surat Izin Praktik) hanya di satu tempat. Tepatnya di Pasal 46 Ayat 5. Berikut beberapa petikan di UU. No. 36 Tahun 2014 yang berkaitan dengan tempat praktik tenaga kesehatan. Bab I. KETENTUAN UMUM Pasal 1. 1. Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan. 3. Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu alat dan/atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau masyarakat. 11. Surat Izin Praktik yang selanjutnya disingkat SIP adalah bukt

KANKER SERTA CARA PENGOBATANNYA

KANKER. APA YANG ADA DI BENAK KALIAN KETIKA KALIAN MENDENGAR KATA-KATA INI DITELINGA ANDA. NGERI? TAKUT? ATAU BIASA SAJA. BAGI SEBAGIAN ORANG, KANKER MERUPAKAN KATA-KATA YANG SANGAT MENYERAMKAN UNTUK DIDENGAR SERTA DIRASAKAN, TERUTAMA BAGI ANAK-ANAK KOSTAN YANG HARUS HIDUP DI KOTA-KOTA TEMPAT IA MENIMBA ILMU. TAPI INI BUKANLAH KANKER YANG DITAKUTI OLEH ANAK KOST SAJA. TETAPI SEMUA ORANG BERHARAP AGAR MEREKA TIDAK MENDENGARNYA DAN TIDAK ADA KEJADIAN-KEJADIAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN INI. KANKER YANG AKAN KITA BAHAS DI SINI BUKANLAH KANKER YAITU "KANTONG KERING". TETAPI MERUPAKAN PENYAKIT YANG DAPAT DIALAMI OLEH SETIAP INDIVIDU KARENA FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA TIDAK PERNAH KITA INDAHKAN. SEMOGA SETELAH ANDA SEMUA MEMBACA ARTIKEL INI, ANDA MULAI DAPAT MERUBAJ POLA HIDUP ANDA AGAR ANDA TERHINDAR DARI BAHAYA PENYAKIT INI. Kanker atau karsinoma berasal dari bahasa Yunani, karkinos yang berarti "kepiting", adalah pembentukan jaringan baru yang abnormal dan bersifat g

PENGERTIAN FARMASI

Apa yang kamu ketahui tentang farmasi? Pasti yang kalian tahu farmasi itu orang yang biasa di apotek seperti Apoteker maupun Assisten Apoteker. Melayani resep, meracik resep terserbut, dan menyerahkan obat yang telah diracik sesuai apa yang tertulis dalam resep tersebut. Padahal seorang farmasis itu bukan hanya bekerja menjadi seorang Assisten Apoteker atau Apoteker yang selalu berada di dalam apotek, tetapi juga bisa bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ), Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan bahkan menjadi seorang abdi negara seperti TNI/POLRI. WAAAAW. Menarik bukan, mari kita simak bacaan berikut tentang "FARMASI" FARMASI (bahasa Inggris: pharmacy , bahasa Yunani: pharmacon , yang berarti: obat ) merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik f