Langsung ke konten utama

PENGERTIAN FARMASI




Apa yang kamu ketahui tentang farmasi? Pasti yang kalian tahu farmasi itu orang yang biasa di apotek seperti Apoteker maupun Assisten Apoteker. Melayani resep, meracik resep terserbut, dan menyerahkan obat yang telah diracik sesuai apa yang tertulis dalam resep tersebut. Padahal seorang farmasis itu bukan hanya bekerja menjadi seorang Assisten Apoteker atau Apoteker yang selalu berada di dalam apotek, tetapi juga bisa bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ), Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan bahkan menjadi seorang abdi negara seperti TNI/POLRI. WAAAAW. Menarik bukan, mari kita simak bacaan berikut tentang "FARMASI"

FARMASI (bahasa Inggris: pharmacy, bahasa Yunani: pharmacon, yang berarti: obat) merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat. Kata farmasi berasal dari kata farma (pharma). Farma merupakan istilah yang dipakai pada tahun 1400 - 1600an.

Institusi farmasi Eropa pertama kali berdiri di Trier, Jerman, pada tahun 1241 dan tetap eksis sampai dengan sekarang.

Bagi mereka yang menimba ilmu di sekolah-sekolah farmasi, maka mereka akan menemukan hal-hal baru dalam mata pelajaran yang diajarkan beberapa di antaranya yaitu :
• Ilmu Resep
• Farmakologi
• Farmakognosi
• Undang - Undang Kesehatan
• Manajemen Farmasi
• Farmakokimia
• Farmakokinetika
• Bioanalisis Farmasi, dll.

Gelar yang di dapat bagi seseorang yang telah meluluskan dirinya dari Sekolah Menengah Farmasi (SMF) maka ia akan mendapatkan predikat Assisten Apoteker atau Tenaga Menengah Farmasi yang termasuk ke dalam Tenaga Teknis Kefarmasian, dan bagi lulusan D3 farmasi mendapatkan gelar Ahli Madya Farmasi yang juga termasuk Tenaga Teknis Kefarmasian. Bagi lulusan S1 farmasi mendapatkan gelar Sarjana Farmasi (S. Farm) yang juga termasuk ke dalam Tenaga Teknis Kefarmasian yang bisa dilanjutkan ke program professi yaitu Apoteker. Semua yang termasuk ke dalam Tenaga Teknis Kefarmasian termasuk ke dalam Tenaga Kesehatan berdasarkan Permenkes 889 tahun 2011 pada Bab I (Ketentuan Umum) menyatakan  Tenaga Teknis Kefarmasian adalah tenaga yang membantu Apoteker dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian, yang terdiri atas Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi, Analis Farmasi dan Tenaga  Menengah Farmasi/Asisten Apoteker.

Namun, semenjak disahkannya UU No. 36 tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan, posisi Asisten Apoteker  berubah.  Asisten Apoteker tidak lagi disebut Tenaga Kesehatan tetapi masuk sebagai Asisten Tenaga Kesehatan. Asisten apoteker tidak dimasukkan tenaga kesehatan karena pendidikannya di bawah D3.



Apoteker sendiri merupakan gelar profesional dengan keahlian di bidang farmasi. Farmasis biasa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan. Farmasis bukan hanya bekerja mengurusi obat-obatan saja, tetapi juga mencakup makanan, minuman, serta kosmetika yang sering kaum wanita gunakan juga merupakan bagian dari pekerjaan seorang farmasis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatasi Masuk Angin

Apakah kalian sering mengalami masuk angin? Apa yang kalian lakukan ketika kalian merasakan diri kalian sedang masuk angin? Yup, sekarang kita akan membahas apa itu masuk angin dan cara apa yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan masuk angin. Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakit memiliki ciri yaitu rasa kembung pada perut namun sulit untuk mengeluarkan angin tersebut melalui kentut, seringnya menguap dan bersendawa, mual, muntah, serta seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga sakit pada perut bagian kiri. Masuk angin biasanya dianggap sekadar mitos di dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya. Penyakit ini biasanya timbul karena kita terlalu kecapean, melakukan perjalanan jauh dengan perut kosong lalu terkena angin yang kencang saat mengenda

UU No. 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan

Undang-Undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan yang baru ditetapkan pada 17 Oktober 2014 lalu mengatur tenaga kesehatan termasuk dokter, apoteker, psikolog, erawat dan lainnya bahwa SIP (Surat Izin Praktik) hanya di satu tempat. Tepatnya di Pasal 46 Ayat 5. Berikut beberapa petikan di UU. No. 36 Tahun 2014 yang berkaitan dengan tempat praktik tenaga kesehatan. Bab I. KETENTUAN UMUM Pasal 1. 1. Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan. 3. Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu alat dan/atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau masyarakat. 11. Surat Izin Praktik yang selanjutnya disingkat SIP adalah bukt

KANKER SERTA CARA PENGOBATANNYA

KANKER. APA YANG ADA DI BENAK KALIAN KETIKA KALIAN MENDENGAR KATA-KATA INI DITELINGA ANDA. NGERI? TAKUT? ATAU BIASA SAJA. BAGI SEBAGIAN ORANG, KANKER MERUPAKAN KATA-KATA YANG SANGAT MENYERAMKAN UNTUK DIDENGAR SERTA DIRASAKAN, TERUTAMA BAGI ANAK-ANAK KOSTAN YANG HARUS HIDUP DI KOTA-KOTA TEMPAT IA MENIMBA ILMU. TAPI INI BUKANLAH KANKER YANG DITAKUTI OLEH ANAK KOST SAJA. TETAPI SEMUA ORANG BERHARAP AGAR MEREKA TIDAK MENDENGARNYA DAN TIDAK ADA KEJADIAN-KEJADIAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN INI. KANKER YANG AKAN KITA BAHAS DI SINI BUKANLAH KANKER YAITU "KANTONG KERING". TETAPI MERUPAKAN PENYAKIT YANG DAPAT DIALAMI OLEH SETIAP INDIVIDU KARENA FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA TIDAK PERNAH KITA INDAHKAN. SEMOGA SETELAH ANDA SEMUA MEMBACA ARTIKEL INI, ANDA MULAI DAPAT MERUBAJ POLA HIDUP ANDA AGAR ANDA TERHINDAR DARI BAHAYA PENYAKIT INI. Kanker atau karsinoma berasal dari bahasa Yunani, karkinos yang berarti "kepiting", adalah pembentukan jaringan baru yang abnormal dan bersifat g